Sabtu, 22 Desember 2007

HARAPAN MASYARAKAT tentang TI/SI Nasional

HARAPAN HARAPAN MASYRAKAT TENTANG IT/ SISTEM INFORMASI NASIONAL

Setiap manusia pasti mempunyai cita-cita atau mimpi yang indah untuk keberhasilan hidup nya begitu pula Negara pasti memiliki langkah yang sangat jitu untuk memajukan pemerintahan nya :

Dalam perkembangan technology yang begitu pesat sekarang ini produk-produk hasil technology sesuai dengan kemajuan zaman yang dibuat oleh para pakar-pakar IT yang sangat canggih tentu sangat bisa memberikan peran penting bagi masyarakat sekitar dan dapat perguna pada orang banyak.

Tapi disisi lain banyak terjadi kekurangan yang tidak seimbang antara masyrakat kecil dan menengah serta di kalangan atas yang masih sangat besar kesenjangan nya / pengetahuan nya tentang penting nya technology informasi/ IT tentu.

Masyarakat berperan penting dalam memajukan langkah tersebut dan pastinya mempunyai harapan yang sangat besar untuk kemajuan technology informasi nasional adapun harapan yang sangat besar dari masyarakat itu adalah :

Di bidang pendidikan nasional :

Dibalik semakin mahalnya biaya pendidikan, training dan kursus, memberi solusi untuk anak negeri berupa alternatif pendidikan non-formal gratis.

Kalau kita tidak memulai bergerak untuk mengembangkan komunitas elearning gratis ini kapan lagi , membenahi pendidikan anak negeri dengan mengembangkan komunitas elearning gratis ini. Paling tidak dalam bidang yang di kuasai, yaitu ilmu komputer dan teknologi informasi.kami lalu melakukan pengumpulan orang IT di seluruh Indonesia untuk memajukan IT nasionaldan di pilih sebagai donator tetap untuk menyumbang untuk kelangsungan pembelajaran dan dengan memberikan sebaran undangan ke puluhan milis-milis IT Indonesia. dan mencoba ikut melakukan diskusi serta rancangan serta implementasi program tersebut

Memasukkan TI sebagai kurikulum pendidikan nasional untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mengenal teknologi informasi

Information Technology perlu dikembangkan di lingkungan pendidikan sejak dari SD, SMP, SMA dan seterusnya, ada pendidikan yang baik dalam lingkungan untuk memperbaiki pendidikan nasional guna peningkatan mutu pendidikan nasional dimata internasional.

peningkatan mutu yang menjadi faktor sangat penting meningkatkan kualifikasi guru pendidik, dosen, dengan harapan makin berkualitas mereka tentu akan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. Peningkatan mutu juga kita wujudkan dalam penentuan rata - rata nilai ujian nasional, baik SD SMP SMA yang ternyata dari target yang telah kita tetapkan itu dapat dilampaui dan

perbaikan dan pembangunan infrastruktur pendidikan ,gedung – gedung sekolah, memperbaiki yang rusak, membangun yang baru tapi infrastruktur dalam arti umum fasilitas ruang perpustakaan, komputer dan lain - lain.

Memberikan pusat pelatihan pada siswa untuk belajar dan praktek dalam mengoprasikan computer secara bersama-sama untuk bisa mewujudkan masyarkat yang mengerti tentang penting nya teknologi informasi

DI BIDANG TELEMATIKA dan industri

Pembangunan dan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat sudah menjadi program global dalam rangka mengembangkan masyarakat berbasis pengetahuan. Dalam bidang ekonomi, penggunaan pengetahuan telah menjadi basis dalam produksi dan distribusi sehingga menjadi penggerak utama peningkatan kesejahteraan dan penempatan tenaga kerja untuk seluruh industri. Sumberdaya produksi tidak saja 4M (man, money, material, dan machine) tetapi kini ditambah dengan informasi.


harapan masyarakat tentang telekomunikasi Indonesia dari sector industri

Pengembangan SDM diharapkan mampu mememenuhi kebutuhan SDM dalam bidang-bidang sebagai berikut:

  1. Pengembangan industri telematika penghasil produk (software dan hardware) sejalan dengan proyeksi pengembangan industri dan usaha di bidang telematika.
  2. Pengembangan dukungan telematika terhadap peningkatan kapasitas seluruh industri di bidang non telematika.
  3. Pengembangan layanan publik (e-government) di seluruh instansi pemerintah sesuai dengan tahapan pengembangan implementasi e-government.
  4. Pengembangan layanan komersial berbasis teknologi telematika (e-comerce) bagi unit usaha di berbagai bidang.
  5. Peningkatan kapasitas peluang kerja bagi SDM bidang telematika di luar megeri.
  6. Peningkatan e-literacy masyrakat dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk mengakses informasi yang berbasis teknologi telematika sehingga secara bertahap tingkat digital divide semakin kecil

Dari enam jenis kebutuhan terhadap tenaga telematika di atas, dapat dikatetegorikan ke dua kelompok, yaitu kelompok pengembang dan pengguna.

  1. Sumber Daya Manusia pengembang industri telematika baik produk barang maupun jasa baik untuk kebutuhan dalam negeri (dommestik) maupun pasar internasional.
  2. SDM penggguna dan masyarakat umum.

Kebutuhan SDM untuk memenuhi kapasitas industri, meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan jasa.

    • Industri perangkat keras terdiri dari servers, personal computers, komunikasi data, peripheral.
    • Industri perangkat lunak terdiri dari, solusi aplikasi (application solution),alat aplikasi ( application tools) dan perangkat lunak infrstruktur sistem.
    • Industri pelayanan jasa meliputi, konsultasi, implementasi dalam berbagai jenis aktifitas (e-busines, e-commerces, e-procurement, office aoutomation dan sebagainya), dukungan dan pemiharaan (support and servise), manajemen operasi, training, pelatihan.

Gambaran IT 3 tahun ke depan

Pengguna teknologi terbesar masih berasal dari kalangan perusahaan besar dengan nilai perdagangan kurang lebih sama dengan total nilai penerapan teknologi informasi di perusahaan berskala kecil dan menengah. Kemudian dilanjutkan dengan pengguna individu, pemerintah, dan pendidikan yang tidak seperti negara-negara besar pada umumnya, masih memiliki nilai pasar yang sangat rendah. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, jelas terlihat perlunya institusi pendidikan memfokuskan diri tidak saja pada pasar perusahaan besar yang tinggi value transaksinya, namun perlu pula memperhatikan sub-segmen pengguna lain seperti di sektor pendidikan dan pemerintahan agar dapat menjadi katalisator pembangunan nasional seperti yang terjadi di negara-negara berkembang lainnya

pengembangan SDM telematika dirahkan kepada dua sasaran utama

Peningkatkan kapasitas pembangunan ekonomi melalui peningkatan nilai tambah baik dari keluaran industri anabling maupun enable serta dari TKI bidang telematika.

Peningkatkan kinerja layanan publik yang memberikan akses yang luas terhadap peningkatan kecerdasan masyarakat , pengembanagn demokrasi dan trasparansi sebagai katalisator pembangunan.

Literasi masyarakat di bidang teknologi telematiaka yang terutama ditujukan kepada old generation dan today generation sebagai Peningkatan mana dikemukakan oleh Tapscott.

Pengembangan Sumber Daya Manusia dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

  1. Peningkatan kapasitas Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang TI baik tingkat Sarjana maupun program diploma sebagai lembaga pemasok kebutuhan tenaga TI.
  2. Peningkatan kapasitas lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan tenaga telematika yang ada di lembaga-lembaga pemerintahan dan swasta.
  3. Pensinergikan dan melanjutkan upaya-upaya penyusunan standar kompetensi, mendorong terbentuknya lembaga BNSP, sebagai lembaga yang mengakreditasi lembaga sertfikasi.
  4. Peningkatan upaya implentasi Inpres penggunaan bahasa indonesia dalam program aplikasi komputer.
  5. Pemerataan materi pembelajaran komputer di sekolah-sekolah dasar di indonesia
  6. Mengupayakan fasilitas laboratorium komputer di setiap sekolah lanjutan sebagai media pembelajaran dan peningkatan keterampilan di bidang telematika.
  7. Melakukan sosialisasi manfaat teknologi telematika kepada komunitas-komunitas.

Harapan dan tuntutan masyarakat demokratis untuk perubahan IT indonesia yang demokratis berbudaya dan berbudi luhur dan pekerti damai piss

  • Hak untuk hidup lama dan sehat
  • Hak untuk mengakses kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya
  • Hak untuk memperoleh pengetahuan
  • Hak untuk ikut menentukan hal hal yang mempengaruhi hidupnya

Proses proses, keputusan dan kebijaksanaan Pemerintah selalu akan dituntut untuk memudahkan tercapainya hal hal tersebut.

Harapan masyarakat atas eGovernment adalah bahwa pemberdayaan yang terjadi melalui teknologi ini akan meningkatkan Nilai keluaran proses proses kepemerintahan, mampu mendekatkan masyarakat kepada pemenuhan harapan dan tuntutannya, dan mengurangi nilai pasokan yang diperlukan untuk menghasilkan keluaran.

tujuan dan harapan semoga dapat dengan tercipta dengan sempurna dan maju terus IT indonesia :
1. Pemanfaatan informasi adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan kepribadian bangsa serta kesatuan dan persatuan.
2. Meningkatkan kualitas di bidang TI dan telekomunikasi.
3. Membangun komunikasi antara pusat dan daerah dalam mendukung pembangunan secara timbal balik.

Semoga semua itu dapat tercapai dengan sempurna dan dapat memajukan IT indonesia

Tidak ada komentar: